Installasi Nginx, PHP-cgi dan MySQL di Windows

Nginx (di baca engine-x) merupakan server HTTP dan reverse proxy gratis berbasis open-source berkemampuan tinggi, yang dapat juga digunakan sebagai proxy IMAP/POP3. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002, dan dirilis untuk pertama kalinya secara umum pada tahun 2004. Nginx yg katanya terkenal ringan diperkirakan digunakan 7.65% (22.8juta) nama domain di seluruh dunia. Sejatinya Nginx sebenarnya di peruntukkan untuk operasi system berbasis open source yaitu Linux namun sekarang bisa di impletasikan ke Windows. 
Lanjut kalu begitu, pertama download dulu nginx, disini Saya menggunakan nginx yang bisa di download di sini dan sudah di pack oleh Kevin Worthington serta sudah dicompile menggunakan cgywin sehingga bisa langsung dipake untuk Windows karena jika kita mendownload dari situs resminya maka kita harus mengkompilenya dulu  dengan cgywin.
Kemudian instal nginx tersebut, secara default maka akan terinstal di c:\nginx setelah selesai maka kita melanjutkan menginstall PHP, download disini, terserah Anda mau mendownload yang mana, yang perlu di perhatikan adalah letak dari folder dimana php di install. Sebagai contoh disini Saya meletakkan di c:\nginx\php.
Setelah itu kita akan menggabungkan nginx dengan php tadi, perlu diketahui bahwa nginx hanya bisa dipasangkan dengan dengan php-cgi. Buka file konfigurasi nginx di c:\nginx\conf\nginx.conf, edit seperti dibawah ini, pastikan sesuai dengan tempat peletakan folder php sewaktu penginstalan.
location ~ .php$ {
  root           html;
  fastcgi_pass   127.0.0.1:9000;
  fastcgi_index  index.php;
  fastcgi_param  SCRIPT_FILENAME c:/nginx/html/$fastcgi_script_name;
  include        fastcgi_params;
}
Setelah itu download runhiddenconsole, letakan di folder c:\nginx\conf , setelah itu buka file start-nginx.bat difolder yg sama, edit seperti dibawah ini:
@ECHO OFF
c:\nginx\nginx.exe
RunHiddenConsole c:\nginx\php\php-cgi.exe -b 127.0.0.1:9000 -c c:\nginx\php\php.ini
ping 127.0.0.1 -n 1>NUL
echo Starting nginx
echo .
echo .
echo .
ping 127.0.0.1 >NUL
EXIT
Selanjutnya install Mysql, caranya tidak perlu Saya terangkan disini karena sangat mudah tinggal menggunakan jurus enter saja :). Setelah selesai silakan menjalankan webserver nginx Anda. Perlu diketahui nginx tidak akan membaca file .htacces jadi sebelum Anda beralih ke nginx perhatikan juga file .htacces Anda, namun Anda bisa mengconvert file .htacces menggunakan converter online ini dan letakan hasilnya di file konfigurasi nginx.